Peer Review Process

 

INFORMASI INTERAKTIF menerapkan proses double-blind review. Penulis dipersilakan untuk menyarankan setidaknya tiga pengulas potensial bersama dengan nama dan alamat email mereka. Namun, keputusan untuk menentukan pengulas yang tepat adalah hak editor. Bukti galeri naskah yang disetujui akan dilihat lebih awal secara online sedini mungkin setelah diterima dari penulis dan pembacaan bukti akhir oleh pemimpin redaksi. Plagiarisme dan self-plagiarism tidak diperbolehkan. Alat perangkat lunak dapat digunakan sehingga artikel yang dikirimkan disaring untuk plagiarisme. Deteksi teks yang tumpang tindih dan serupa digunakan di sana sehingga kutipan dan kutipan yang sesuai harus digunakan kapan pun diperlukan. Pada dasarnya tugas penulis untuk hanya menyerahkan naskah yang bebas dari plagiarisme dan malpraktik akademis. Editor, bagaimanapun, memeriksa ulang setiap artikel sebelum diterbitkan. Langkah pertama adalah memeriksa plagiarisme terhadap database offline oleh Dewan Redaksi INFORMASI INTERAKTIF dan, kedua, terhadap sebanyak mungkin database online.

Dewan redaksi akan membuat keputusan berdasarkan komentar atau saran dari pengulas. Reviewer akan memberikan penilaian atas orisinalitas, kejelasan penyajian, kontribusi terhadap bidang/ilmu, INFORMASI INTERAKTIF memiliki empat macam keputusan:

  1. - Diterima,
  2. - Diterima dengan Revisi Kecil (biarkan penulis direvisi dengan waktu yang ditentukan)
  3. - Diterima oleh Revisi Utama (biarkan penulis direvisi dengan waktu yang ditentukan)
  4. - Ditolak (umumnya, dengan alasan di luar ruang lingkup dan tujuan, masalah deskripsi teknis utama, kurangnya kejelasan presentasi)
  5.  

Untuk pengecekan Plagiarisme, Dewan Redaksi INFORMASI INTERAKTIF akan menyaring plagiarisme secara manual pada Judul dan Abstrak naskah dengan menggunakan mesin Google. Jika ditemukan indikasi plagiarisme, dewan redaksi akan langsung menolak naskah tersebut.