Analisis Pengukuran Kualitas Website Prakerja terhadap Kepuasan Pengguna dengan Metode Webqual 4.0
DOI:
https://doi.org/10.37159/jii.v9i3.106Keywords:
Webqual 4.0, Smart Partial Least Square(SmartPLS), WebsiteAbstract
Kegiatan program kartu prakerja dari mulai pendaftaran hingga pelaksanaan dilakukan dalam website prakerja. Demi menjaga efektivitas website maka perlu dilakukan proses pemeliharaan berdasarkan persepsi pengguna agar memperoleh website yang baik dan proses perkembangan yang selalu update. Ada beberapa hal yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan program kartu prakerja yaitu salah satunya ada pada situs website kartu prakerja yang sering terjadi error, Hambatan tersebut yang berakibat hilangnya kesempatan pendaftaran karena waktu yang dibutuhkan untuk akses terlalu lama. Maka dari itu perlu adanya penelitian untuk mengukur kualitas website prakerja.go.id yang memiliki tujuan untuk mengetahui adanya kualitas website prakerja terhadap pengguna dan mengetahui adanya hubungan kualitas penggunaan, kualitas informasi, kualitas interaksi layanan terhadap kepuasan pengguna website prakerja. Model yang digunakan yaitu webqual 4.0 dengan menggunakan teknik sampel non probality sampling, sampling purposive, analisis data menggunakan Smart Partial Least Square (SmartPLS). Berdasarkan perhitungan sampel dengan rumus cochran, jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 100 responden. Hasil dari pengujian yaitu, dari 3 hipotesis yang telah diajukan, semua hipotesis memiliki pengaruh terhadap Kepuasan Pengguna.