IMPLEMENTASI METODE CRM PADA SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG ELEKTRONIK
Sistem Informasi
DOI:
https://doi.org/10.37159/jii.v7i3.7Abstract
Perkembangan teknologi internet dan kemudahan akses dari berbagai peralatan komunikasi, memberikan pengaruh terhadap gaya konsumen untuk berbelanja secara efektif dan efisien. Peran perdagangan secara elektronik berbasis web, dalam persaingan bisnis menuntut lebih kreatif dan inovatif untuk lebih memanjakan konsumen tetap setia agar penjualan perusahaan dapat mencapai tujuamya seperti untuk mendapatkan laba dan berkembang. Untuk mencapai tujuanya, perusahaan harus bisa mempertahankan dan meningkatkan volume penjualan dengan mengetahui masalah-masalah yang menghambat proses penjualan, itu yang terjadi di toko Mitra Elektronik Sampit dengan memiliki beberapa masalah yang ada maka di butuhkan wawasan dan inovasi yang lebih luas. Maka di buat lah website penjualan online berbasis metode CRM. Tujuan untuk membangun Sistem Informasi penjualan dengan menerapkan Customer Relationship Management (CRM) agar dapat mempeluas penjualan tidak hanya di dalam daerah dan CRM ini salah satu pelayanan yang baik dengan menjalin hubungan komunikasi dengan pelanggan, namun jika tidak adanya komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan maka akan mengakibatkan pelanggan menghilang begitu saja. Membangun Sistem Informasi penjualan dengan menerapkan Customer Relationship Management (CRM) pada Mitra Elektronik dengan menggunakan perancangan Data Flow Diagram (DFD), metode pengembangan sistem prototype, dan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Sistem ini diharapkan dapat membantu pihak Mitra Elektronik dalam menjalin komunikasi dengan pelanggan.
Kata Kunci : sistem informasi penjualan, website, penjualan, CRM