IMPLEMENTASI METODE CRM PADA SISTEM INFORMASI PENJUALAN LED
Sistem Informasi
DOI:
https://doi.org/10.37159/jii.v7i3.5Abstrak
Mengintegrasikan teknologi informasi ke dalam operasional bisnis saat ini dapat menambah keuntungan bagi perusahaan. Tren bisnis saat ini adalah di bidang belanja dalam jaringan (on line), sehingga banyak perusahaan membuat toko virtual untuk memanfaatkan tren ini. Neonled.Id berdiri pada tahun 2019 merupakan salah satu UMKM yang berada di kota Sampit Kalimantan Tengah bergerak bidang industri kreatif yang berfokus pada pembuatan lampu dengan bahan baku lampu LED yang diperuntukan untuk desain interior ruangan. Pada sistem yang sedang berjalan saat ini adalah kurangnya media promosi dan penjualan yang mampu mendorong penjualan produk. Promosi dan penjualan yang dilakukan pada Neonled.Id masih secara konvensional, belum menggunakan sistem penjualan secara online dimana konsumen harus datang langsung ke lokasi untuk melakukan pemesanan LED custom dan pembayaran masih dilakukan secara tunai. Dapat ditarik kesimpulan masalah yang ada pada sistem berjalan, maka penulis mengajukan perancangan sistem informasi sebuah sistem informasi penjualan LED. Penelitian ini menggunakan metode CRM (Customer Relationship Management). Sementara desain sistem diekspresikan secara grafis menggunakan pemodelan UML (Unified Modeling Language), dieksekusi menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL-Server sebagai database yang digunakan. Sistem informasi penjualan LED, dapat mempermudah Neonled.Id dalam mengelola penjualan dan mengelola hubungan baik antar pelanggan, dengan menggunakan sistem informasi penjualan Neonled menjadi terbantu dalam memasarkan produknya.
Kata Kunci : sistem informasi, website, penjualan, customer relationship management (CRM)